FAQs

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan yang membaktikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. Cigna Indonesia didirikan pada tahun 1990, perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan anak perusahaan Cigna Corporation , salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 100 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 74.000 karyawan.

Cigna Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

Cigna menyediakan berbagai produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang menawarkan serangkaian produk, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, asuransi gigi, dan asuransi dengan investasi (Unit Link)

Kantor pusat PT. Asuransi Cigna berlokasi di:
PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

Untuk Cabang lainnya terdapat di kota Medan & Surabaya
Medan
Gedung Graha Niaga 1
Lt. 3 Jalan Putri Hijau No 20 Medan 20114

Surabaya
Gedung Graha SA Lt. 3
Ruang 305 Jl Raya Gubeng No 19-21 Surabaya 60281

Waktu Pelayanan Cigna
Senin – Jumat: pukul 08.00 – 19.00 WIB (via telepon)
Senin – Jumat: pukul 08.00 – 17.00 WIB (walk-in)
Sabtu : pukul 09.00 – 14.00 WIB

Cigna menyediakan berbagai media sebagai bentuk layanan kepada nasabah seperti:
a. Facebook : Cigna Indonesia
b. Twitter : @Cigna_ID
c. IG : Cigna Indonesia

Cigna juga menyediakan WA untuk komunikasi yg lebih mudah.
Nomor WhatApps Cigna : 0811-9619-500

Perubahan data polis dapat dilakukan dengan cara cara:

  1. Berkunjung ke kantor pusat / kantor cabang PT Asuransi Cigna
  2. Melalui pengiriman surat ke alamat

    PT Asuransi Cigna
    Gedung Tempo Pavilion 2
    Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

  3. Menghubungi Cigna SIAP di 1-500-033
  4. Mengirimkan email ke SIAP@cigna.com

Dokumen yang harus dilengkapi akan menyesuaikan dengan program dan data apa yang akan diubah.

Harga unit dapat Anda ketahui dari Customer Portal kami, yaitu CignaKu. Atau dapat menghubungi Cigna SIAP 1-500-033

Apabila polis tidak aktif karena tidak ada pendebitan selama 3 bulan, maka polis dapat diaktifkan kembali maksimal 6 bulan sejak status polis tersebut tidak aktif .
Untuk pemulihan polis, dapat melengkapi dokumen pendukung berupa:

  • Foto copy KTP
  • Bukti transfer premi tertunggak
  • Mengisi Formulir Pemulihan/Reinstate Polis (dapat diunduh melalui www.cigna.co.id)
  • Dikenakan masa tunggu 60 Hari

Dokumen tersebut dikirimkan ke alamat:
PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

atau email ke SIAP@cigna.com

Pemulihan polis adalah bersifat pengajuan sehingga Cigna berhak untuk menolak pengajuan pemulihan polis

Kami sarankan polis tetap aktif agar Anda dan keluarga tetap terlindungi dari resiko yang terjadi.

Penutupan/pembatalan polis dapat dilakukan dengan prosedur sbb:

Polis Non Unit Link

  1. Menghubungi Cigna SIAP 1-500-033
  2. Mengajukan form pembatalan polis (yang dapat di unduh dalam www.cigna.co.id) lalu dapat dikirimkan melalui email SIAP@cigna.com

Polis Unit Link

  1. Formulir pembatalan
  2. Foto kopi KTP
  3. Buku polis asli
  4. Surat Keterangan kepolisian jika buku polis hilang
  5. Cover buku tabungan
  6. Surat kuasa materei jika tranferan dana dialihkan bukan pemegang polis

 

Dokumen dapat dikirimkan langsung ke kantor pusat Cigna dengan alamat sbb:
PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

Apabila produk asuransi yang Anda miliki murni perlindungan maka tidak ada pengembalian premi. Pengembalian premi hanya pada produk-produk asuransi tertentu yang memiliki manfaat pengembalian premi yang diatur dan tercantum pada buku polis.

Pengaduan polis hilang dapat menghubungi Cigna SIAP 1-500-033 atau email ke SIAP@Cigna.com untuk permintaan pengiriman soft copy polis. Permintaan pengiriman soft copy polis hanya dapat diberikan 1 kali selama polis aktif. 

Pengajuan penarikan nilai investasi dapat dilakukan dengan melengkapi dokumen sbb :

  1. Formulir partial
  2. Foto copy rekening tabungan yang menunjukkan nomor rekening nasabah
  3. Foto copy KTP
    Penarikan nilai investasi harus ada minimal nilai investasi yang tersisa

Cigna akan mengirimkan Laporan Transaksi Triwulan kepada nasabah  yang memiliki produk investasi. Bagi nasabah yang memiliki email, Laporan Transaksi akan dikirimkan setiap bulan. 

Prosedur Klaim Reguler

  1. Nasabah mengajukan klaim dengan cara mengirimkan formulir dan dokumen klaim melalui:
    Kurir POS atau Portal;
    Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang Cigna
  2. Cigna menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim
  3. Nasabah menerima SMS pemberitahuan formulir dan dokumen klaim telah diterima Cigna
  4. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui:
    Klaim diterima : SMS
    Klaim ditunda : SMS atau E-mail (akan ditelepon jika diperlukan)
    Klaim ditolak : E-mail atau surat
  5. Jika klaim diterima, nasabah menerima SMS pemberitahuan pembayaran dana klaim
  6. Pembayaran dana klaim diterima nasabah

Pengajuan klaim dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen-dokumen yang disesuaikan dengan jenis produk yang Anda miliki.

  1. Klaim Kesehatan
    1. Formulir klaim asuransi
    2. Perincian biaya Perawatan RS
    3. Kwitansi asli atau Legalisir RS
    4. Fotokopi KTP
    5. Fotokopi Kartu Keluarga
  2. Klaim Meninggal Dunia
    1. Form klaim meninggal dunia
    2. Foto kopi surat keterangan meninggal dunia dari pemerintah atau akta kematian legalisir
    3. Foto kopi surat keterangan meninggal dunia dari RS
    4. Foto kopi surat keterangan kepolisian (jika meninggal dunia karena kecelakaan)
    5. Fotokop KTP
    6. Fotokopi ID tertanggung / Ahli waris
  3. Klaim Ketidakmampuan Tetap
    1. Formulir Klaim Ketidakmampuan Sementara/Tetap;
    2. Surat Keterangan dari Dokter/Rumah Sakit;
    3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
    4. Hasil Medis pendukung Diagnosis
  4. Klaim Penyakit Kritis
    1. Formulir Klaim Asuransi Kesehatan dari Cigna yang telah diisi dengan lengkap;
    2. Hasil Pemeriksaan Penunjang (Laboratorium, EKG, Rontgen, USG, PA, dll);
    3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
    4. Dokumen lain sebagaimana diperlukan penanggung apabila Klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

Pengajuan klaim akan diproses maksimal 14 hari kerja sejak dokumen lengkap diterima dan tidak diperlukan kembali pengecekan lebih lanjut dari pihak klaim Cigna. 

Klaim dapat diajukan maksimal 30 hari setelah tanggal kejadian resiko. Apabila pengajuan klaim diluar batas tersebut, maka Anda dapat melengkapinya dengan surat keterlambatan dengan alasan yang jelas. 

Dokumen dapat dikirimkan ke Cigna dengan alamat:
PT Asuransi Cigna
Gedung Tempo Pavilion 2
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 10, Jakarta 12950, Indonesia

Untuk Anda yang memiliki polis kesehatan, Cigna telah menyediakan layanan pengajuan klaim secara online melalui Customer Portal Cigna yaitu CignaKu.

Cara Pengajuan Klaim online :

  1. Register ke customer portal cignaku.cigna.co.id
  2. Masuk ke menu klaim, pilih ajukan klaim
  3. Isi polis dan nama tertanggung
  4. Isi tanggal perawatan di RS
  5. Upload dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim
  6. Klik ajukan klaim dan klaim berhasil diajukan.

 

Status pengajuan klaim Anda dapat diketahui melalui:

  1. Customer Portal cignaku.cigna.co.id pada menu Riwayat Klaim.
  2. Cigna akan menginformasikan status klaim melalui sms/surat korespondensi.
  3. Menghubungi Cigna SIAP di nomor 1-500-033

Metode pembayaran premi Cigna sangat fleksibel, disesuaikan dengan produk yang dimiliki oleh nasabah yaitu dapat dilakukan secara bulanan , kwartalan (4 bulanan), semi annual (6 bulanan) dan tahunan. 

Pembayaran premi dapat dilakukan melalui Kartu Kredit, Tabungan, dan Virtual Account (VA) 

Perubahan metode pembayaran dilakukan dengan melengkapi beberapa dokumen dibawah :

  1. Formulir Perubahan data
  2. Formulir Surat Keterangan Debet Rekening
  3. Foto copy Kartu Kredit atau buku tabungan
  4. Foto copy KTP

Perubahan cara pembayaran premi dapat dilakukan, namun apabila nasabah ingin melakukan perubahan cara pembayaran premi sifatnya adalah pengajuan tergantung dari produk asuransi yang  Anda miliki

Pendebetan premi akan dilakukan secara berkala, baik di awal, tengah, atau akhir bulan sesuai dengan keberhasilan pendebetan premi. 

Cigna akan mengirimkan notifikasi pembayaran premi untuk polis yang penawarannya melalui Agen Asuransi

Virus Corona adalah sebuah keluarga virus yang menyebabkan sejumlah penyakit, seperti influenza, dan beberapa penyakit lain yang lebih berat. Virus Corona yang saat ini tengah menyebar disebut dengan “SARS-COV-2”, dan penyakit yang disebabkan oleh virus ini kemudian dikenal dengan sebutan “Coronavirus Disease 2019” atau disingkat menjadi “COVID-19”.

COVID-19 pertama kali ditemukan pada Desember 2019. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan COVID-19 sebagai Pandemi, yaitu sebuah Epidemi yang menyebar hingga ke berbagai negara dan benua, serta berdampak pada populasi besar dunia.

 

Source: World Health Organization, https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019, March 19, 2020

Virus ini menyebar antar manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari hidung dan mulut saat orang yang terinfeksi COVID-19 sedang batuk atau membuang nafas. Tetes cairan dari mulut dan hidung pasien COVID-19 tersebut bisa jatuh dan tertinggal pada berbagai benda dan permukaan yang disentuhnya. Orang lain di sekitarnya berpotensi menangkap COVID-19 jika mereka menyentuh benda dan permukaan yang sebelumnya disentuh pasien, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. Karena itulah sangat penting untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang yang sakit.

 

Source: World Health Organization, https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses, March 19, 2020

Gejala umum COVID-19 mirip seperti pilek dan flu biasa, sehingga membuat deteksi penyakit ini menjadi lebih sulit. Biasanya, pasien mengalami demam, batuk, dan napas pendek. Pasien dengan kondisi lebih berat mengalami pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, hingga kematian. Masa inkubasi penyakit ini adalah 14 hari.

 

Source: Centers for Disease Control and Prevention (CDC), https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html, March 19, 2020

  • Perbanyak cuci tangan menggunakan air dan sabun paling tidak selama 20 detik. Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakanlah pembersih tangan berbahan dasar alkohol
  • Hindari menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut
  • Tinggal di rumah jika memungkinkan
  • Hindari kontak dengan orang sakit
  • Jauhi keramaian
  • Jika Anda benar-benar harus pergi, pastikan Anda mengikuti petunjuk yang dianjurkan untuk menghindarkan diri Anda dari COVID-19

Belum ada pengobatan anti-virus untuk menyembuhkan mereka yang terjangkit COVID-19. Para pasien perlu mendapatkan perawatan medis ekstra untuk meringankan dan menghilangkan gejalanya.

Menggunakan masker bedah dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit pernapasan seperti ini, namun tidak menjadi jaminan seseorang tidak akan terinfeksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan masker jika Anda merawat seseorang yang dicurigai atau positif terjangkit COVID-19, atau jika Anda sedang sakit batuk dan bersin-bersin. Anda disarankan mencuci tangan sebelum menggunakan masker, mengetahui cara dan mempraktikkan penggunaan masker yang benar, dan segera membuang masker sekali pakai pada tempat sampah tertutup setelah penggunaan.

 

Kunjungi situs WHO untuk informasi lebih lanjut.

World Health Organization, https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

Orang-orang yang hidup di dan melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah di mana virus ini telah positif menyebar berpotensi terjangkit COVID-19.

Pekerja medis yang merawat pasien positif COVID-19 adalah orang-orang yang paling berpotensi terinfeksi virus ini, sehingga mereka membutuhkan prosedur pencegahan secara ekstra.

Indonesia telah mencatat ribuan kasus positif COVID-19. Untuk perkembangan terbaru, silakan kunjungi situs www.covid19.go.id dan www.kemkes.go.id.

WHO menyediakan panduan bepergian dalam situsnya, lengkap dengan informasi wilayah-wilayah yang terinfeksi di seluruh dunia, rekomendasi perjalanan untuk turis internasional, serta peringatan dan petunjuk pengawasan, sosialisasi, dan langkah-langkah yang bisa dilakukan setiap negara untuk melindungi masyarakatnya dari COVID-19.

Saat ini pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia. Kunjungi situs www.covid19.go.id untuk informasi mengenai status pembatasan sosial di daerah Anda.

Plan pada produk-produk Cigna mencakup klaim atas penyakit menular dan kondisi-kondisi medis lain yang tertera di dalam Polis. Silakan mengacu pada deskripsi perlindungan dalam Plan Anda.

Tes COVID-19 bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala (demam, batuk, dan napas pendek) tidak disarankan oleh WHO dan tidak ditanggung oleh Cigna. Saat ini, seluruh biaya pengobatan COVID-19 ditanggung oleh pemerintah. Jika tidak ditanggung, Cigna akan menjamin perawatan medis yang dibutuhkan atas rujukan resmi ahli medis. Silakan mengacu pada detail persyaratan perlindungan dalam Polis Anda.

Anda bisa mengunjungi situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau www.covid19.go.id dan www.kemkes.go.id untuk perkembangan COVID-19 di Indonesia.

Segera lakukan karantina diri dan istirahat yang cukup. Jika gejala berlanjut, segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Jangan lupa gunakan masker, jaga jarak dengan orang-orang sekitar, dan jangan menggunakan transportasi umum. Dokter akan menentukan apakah Anda perlu dirujuk ke Rumah Sakit yang resmi ditunjuk pemerintah untuk penanganan COVID-19.

Temukan petunjuk protokol dan prosedur lengkap penanganan pasien COVID-19 oleh pemerintah Indonesia di sini.

Efektif sejak hari Senin, 14 September 2020 layanan Walk-in Customer Service Asuransi Cigna ditutup untuk sementara waktu.


Layanan Nasabah Asuransi Individu dapat dilakukan melalui:


Layanan Nasabah Asuransi Kumpulan dapat dilakukan melalui:

  • Mobile Apps: MyCigna ID (App Store / Google Play)
  • Email: cigna.eb@admedika.co.id
  • Layanan Nasabah Asuransi Kumpulan Call Center 24 jam: 021 2981 3060 (ada di balik kartu Anda)
  • Layanan Nasabah Asuransi Kumpulan Sampoerna Financial Group Call Center 24 jam: 021 2981 3008


Informasi Nomor Telepon Penting:

  • Jasa Ambulance Darurat dan Evakuasi Medis Assist America: 021 2997 8939
  • Provider Klaim Cashless atau Kartu Admedika: 021 2981 3033

Untuk proses perubahan polis dan pengajuan pembayaran manfaat dipermudah, Anda tidak perlu melengkapi dokumen asli, cukup mengirimkan dokumen yang dibutuhkan ke alamat email SIAP@Cigna.com

 

Proses perubahan polis atau pembayaran manfaat yang dapat diajukan adalah:

  • Perubahan data polis
    • Perubahan alamat
    • Perubahan nama
    • Penambahan/perubahan ahli waris
    • Alamat email
    • Nomor telepon rumah/seluler
    • KTP
  • Fund Switching;
  • Fund Splitting;
  • Top Up;
  • Penarikan dana partial;
  • Perubahan metode pembayaran premi;
  • Perubahan frekuensi pembayaran premi;
  • Pembayaran Bonus;
  • Pembayaran Manfaat Jatuh Tempo/Maturity.

 

Dokumen yang dikirimkan melalui email adalah:

  • Formulir Perubahan yang sudah diisi dengan lengkap (dapat diunduh dari di sini)
  • Formulir Pembayaran Bonus (khusus pengajuan pembayaran bonus) dapat diunduh di sini
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan (khusus pengajuan Manfaat Jatuh Tempo/Maturity dan pembayaran Bonus)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (khusus penambahan/perubahan ahli waris)

Untuk proses pembatalan polis dan pemulihan polis dipermudah, Anda tidak perlu melengkapi dokumen asli, cukup mengirimkan dokumen yang dibutuhkan ke alamat email SIAP@Cigna.com

 

Untuk proses pembatalan polis dapat mengirimkan dokumen berikut ini melalui email

  • Formulir Pembatalan Polis yang sudah diisi dengan lengkap (dapat diunduh di sini)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • Foto buku polis bagian Ikhtisar Polis

 

Untuk proses pemulihan polis dapat mengirimkan dokumen yang dikirimkan melalui email yaitu

  • Formulir Pembatalan Polis yang sudah diisi dengan lengkap (dapat diunduh dari di sini)
  • Fotokopi KTP
  • Formulir Pernyataan Kesehatan (dapat diunduh dari di sini)
  • Foto bukti pembayaran premi tertunggak dan bulan berjalan

Asuransi Kesehatan

  • Klaim dapat diajukan melalui email hanya dengan mengirimkan scan dokumen sesuai persyaratan polis melalui email ke SIAP@Cigna.com atau melalui portal CignaKu
  • Untuk kenyamanan Anda, disarankan untuk menggunakan fasilitas cashless pada rumah sakit-rumah sakit rekanan kami jika polis yang Anda memiliki fasilitas cashless. Informasi rumah sakit rekanan dapat dilihat di sini atau portal CignaKu

 

Asuransi Jiwa, Asuransi Penyakit Kritis dan Asuransi Kecelakaan Diri

  • Klaim meninggal dunia, penyakit kritis dan meninggal dunia karena kecelakaan dapat diajukan melalui email hanya dengan mengirimkan scan dokumen sesuai ketentuan polis melalui email ke SIAP@Cigna.com dengan syarat sebagai berikut:
    • Uang Pertanggungan maksimal IDR 100,000,000 per Tertanggung
    • Pembayaran akan dilakukan setelah dokumen asli dikirimkan ke Cigna
    • Tidak termasuk produk asuransi jiwa kredit

Untuk klaim produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis dan asuransi kecelakaan diri, Cigna memberikan perpanjangan waktu sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal kejadian.

Klaim bisa di lakukan dengan cara cashless dan reimbursement.

 

Untuk pelayanan klaim dengan menggunakan kartu atau cashless sebagai berikut:

  • Silakan pilih jaringan Rumah Sakit yang bisa di akses melalui Mobile Apps MyCigna ID (App Store / Google Play) atau bisa langsung dengan mengunjungi Provider atau RS rekanan dengan menunjukkan kartu peserta dan KTP Anda
  • Pemeriksaan peserta akan diberikan sesuai dengan jaminan yang terdapat dalam polis Anda

 

Untuk pelayanan klaim dengan cara reimbursement atau melalui pengajuan kuitansi serta dokumen pendukung sebagai berikut:

  • Untuk pengajuan klaim di bawah IDR 500,000 (< IDR 500,000) dapat diajukan melalui akses ke Mobile Apps MyCigna ID (App Store / Google Play) dan tidak perlu mengirimkan hard copy dokumen klaim
  • Untuk pengajuan klaim di atas IDR 500,000 (> IDR 500,000) dapat diajukan melalui soft copy dengan mengirimkan email ke cigna.eb@admedika.co.id dan hard copy dapat dikirimkan ke HRD masing-masing

 

Untuk kelengkapan dokumen klaim bisa dilihat di Mobile Apps: MyCigna ID (App Store / Google Play)

Informasi batas kadaluarsa klaim bisa dilihat di Buku Panduan atau melalui Mobile Apps MyCigna ID (App Store / Google Play)